Monday, February 05, 2007

bytheway anyway busway

Busway koridor 6 specially, yang melayani rute ragunan-halimun, dimana rute ini merupakan track perjalananku tiap hari. So jelas aku seneng banget donk… berikut sekilas pandangan mata langsung dari lokasi (gayanya kek reporter ajza..)
Sebenernya busway koridor baru (koridor 4-7 kalo ga salah.) uda beroperasi hari minggu, tp tentu aja masih sepi. Puncaknya hari senen saat hari pertama masuk kerja. Ternyata banyak juga yg menanti kehadiran busway, terutama utk koridor 6 (ragunan-halimun) yg menjadi rute keseharianku. Anjriiit.. senen itu bener2 gila antriannya. Di halte ragunan dr pagi uda numpuk para penggemar busway. Sayangnya Mr Bus yg ditunggu malah ga nongol2. Sekalinya nongol, begitu pintu dibuka, langsung bruuulll.. penuh!! Bis langsung berangkat, ninggalin gue dan penumpang lain yg musti sabaaarr nunggu bis berikut.
10 menit…20 menit….30menit… akhirnya mulailah celoteh anak! Eh celoteh para calon penumpang! Mulai dari “wah payah nih.. lama banget.. bisa terlambat nih!” atau “hah..klo gini mah gue kapok!! Mending naik angkot aja” bahkan ampe “gimana sih Sutiyoso ini.. busway blom siap kok uda diluncurkan”
Akhirnya setelah puass dengan celotehnya, mereka akhirnya terangkut juga :D
Yg kasihan itu penumpang yg nunggu dr halte lain setelah ragunan. Krn dr ragunan sendiri uda langsung penuh, otomatis mereka yg ada di halte2 lain ga keangkut. Mungkin setelah abis kesabaran mereka, nunggu bis tp ga keangkut2, akhirnya byk dr mereka yg terpaksa naik dulu ke ragunan (muter) baru melanjutkan perjalanan ke arah kuningan.
Wess.. ga peduli orang2 mau ngedumel apa, yg jelas alhamdulillah aku bisa nyampe kantor. Walo harus berdesak2an ampe ga bisa gerak :( kapok??? Tentu saja tidak.
Pulangnya aku niatkan coba naik busway lagi. Nyampe halte “kuningan timur” siapin uang buat beli tiket. “mbak… lama loh nunggunya..” kata petugas jaga loket. “berapa lama mbak??” … “wah bisa setengah jam lebih kali mbak.. itu aja yg didalam banyak, dan pd lom keangkut dr tadi”.
Waduh… klo kelamaan nunggu bisa telat pulang neh. Kalo telat pas berangkat sih gpp.. tp klo pulang telat? Wah enggak deh :D
Akhirnya aku putuskan ga jadi beli tiket, tp tetep disitu dan memantau keadaan. 1 bis datang…buka pintu…”maaf pak..bu.. ga muat..”… bis berangkat lg tanpa mengangkut 1 pun!!! Coba tunggu lagi… bis datang lagi. Buka pintu…1 org turun…”maaf 1 orang saja yg naik”. Hah.. jd bisa naik nunggu ada yg turun :( jelas ini bukan saat yg tepat utk mengharapkan naik busway. Untung lom beli tiket. Akhirnya diputuskan pulang naik kopaja again :D Kapookkk???
Jelas tidak, besoknya tetep nangkring (ayam kaleee) di halte ragunan. Dari pengamatan kemaren banyak org kapok, logikanya hari ini yg naik pasti lbh sedikit. Yep, bener juga, hari kedua ini gue dapet duduk :D dan antrian memang tidak sepanjang hr senen. Ssiiiiip…!
Tapi pulangnya? Coba lagi ahh…seperti biasa, nunggu…nunggu.. ga dapet2… akhirnya disaranin ama yg jaga utk ikut muter dulu ke halimun. Hmm.. iya deh.. coba ajza, sekalian biar pengalaman ke halte transit (halimun –red). Waktu tempuh ternyata cepet jg. Plus muter dulu ke halimun ampe ragunan bs 1 jam. Akhirnya penulis mengambil kesimpulan, untuk berangkat jelas busway is the best. Tp klo pulang noway, jelas M75 is the best. Ga pake nunggu, ga pake muter pulak :D (tapi nanti klo armadanya uda banyak pasti naek busway juga :D )

Yg jelas, gue pendukung busway! Ayo bang Yos! Segera tambah armada! Dan buka koridor2 baru!!

Oh iya, satu hal yg bikin gue tergelitik, tiap pagi antri di halte ragunan itu ibu2 ngedumel ga karuan tentang busway yg sedikit dan bikin ngantri, tapi ini orang kok ya tetep aja ikut ngantri mo naik busway :D mbok yg konsisten gitu, klo ngedumel ya mending ga usah naik, klo tetep naik mbok ga usah ngedumel tiap hari (bathinku)

Jakarta, 1 Feb 07

5 comments:

Nia said...
This comment has been removed by the author.
Nia said...

Anggap aja menunggu busway itu sbg uji kesabaran mbak :)

Arya said...

Trus yang lewat bekasi kapan ya mba?

Nasywa said...

Iya.. ya.. bikin busway langsung dari depok donk.. hehehe... (salah ya, depok mah bukan DKI :D)

Viving said...

Siippp, penggemar busway nambah 1

*dari penggemar busway koridor 1 & 3 =))