Friday, August 25, 2006

Weekend-- Donat

weekend panjang masih tersisa...

hari minggu aku isi dengan acara bikin kue donat. ternyata bikin donat itu gampang ya.. dan bahannya juga mudah dicari. nih resepnya :
kentang 1/2 kg kurangi 1 buah (tau napa kok sama ibu disuruh ngurangin 1)
terigu 1/2 kg

mentega 1,5 ons
telur 2 butir
gula 5 sendok
fermipan 1 sdt
garam dikiitt
plus air secukupnya

cara bikinya:
1. kentang di rebus, trus dilumatkan
2. masukkan mentega, gula, garam sambil terus di aduk
3. setelah kentang udah hangat (gak terlalu panas) masukkan telur plus fermipan, aduk terus (bahasa kerennya di uleni ato di ulet)
4. tambahin terigu
5. kalo adonan terlalu keras, tambah air dikit, sampe kira2 tidak terlalu kaku, tp jg jangan terlalu lembek
6. bentuk jadi donat, lalu diamkan sekitar 1,5 jam ato lebih
7. kalo sudah mengembang, goreng dengan minyak yang banyak, dan api yang tidak terlalu panas

jadi dehh... siap disajikan untuk 20-25 buah donat. bisa dikasih meises ato gula halus.gampang kan..???

komentar teman(tetangga) yang aku bagiin donat :
"beli dimana donatnya?"
"ahh masak sih bikin?"
"wah enak ya donatnya.. "


6 comments:

mamakintan said...

wah enak nih! ngopi resepnya yaa...

Anie said...

monggo.. itu resep asli dari ibuk, lom ada modifikasi, ga perlu bayar kok.. lom dipatenkan :D

ninied said...

ani, aku pernah dua kali bikin donat ( tapi tanpa kentang ), hasilnya enggak memuaskan, susah ngebentuknya jadi bener-bener bulet bolong tengah'e :(
hasilnya, dicuekin deh sama abrar, huhuhuuu...

aku jadi pengen nyoba bikin yang pake kentang ini aahhh
boleh yaaaa :)

Anie said...

Nied, gmn nih hasil donatnya? kl ga sukses bukan tanggung jawabku loh ya... :D

Nasywa said...

Boleh juga nii donatnyaa.. Mba Anie,lam kenal yah.. Aku Depok Maharaja juga loh..blok P8. Mba Anie blok berapa??
Tukeran link yuuu....

Anie said...

hai mbak, salam kenal juga, aku di blok p10 no 3. wah.. pdhal satu kompleks.. ternyata malah kenalannya di dunia maya :) mungkin ketemunya pas di posyandu kali ya..tp ga kenal nama hihihihi.. :D