Friday, April 25, 2008

Berpulang kepadaNya -- Mitos

sekitar 2 minggu yang lalu, pagi2 mertua nelp ke rumah.. mengabarkan kalau beliau ngga jadi datang ke jakarta depok. Memang sudah direncanakan sebelumnya bahwa mertua mau ke depok setelah usia bayi cucu ke-2nya uda diatas 2 bln. (cucu ini anak pertama Elis, adiknya ayahAqil) . Usut punya usut, ternyata beliau mengurungkan niatnya karena ibunya ibu mertua, alias mbah buyutnya Aqil (pusing gak ??) katanya gak mau make baju, kecuali baju baru.

Trus... apa hubungannya coba??

Ya.. dalam kepercayaan jawa alias mitos yang beredar, bahwa jika ada orang maunya pake baju baru, maka pertanda orang tsb uda akan dipanggil olehNya :)

Boleh percaya..boleh tidak..
Tapi beberapa hari.. (3 hari klo ga salah) setelah ibu mertua nelp.. ternyata benar... ada kabar kalo mbah buyut (biasanya kita cmn panggil mbah Yut) sudah dipanggil olehNya. Innalillahi wainnailaihi rojiun ... Semoga mbah Yut diterima disisi Allah SWT. Amin.

Kembali ke soal mitos jawa, sebenarnya aku ini maunya gak percaya sama yang begituan.. maklum, aku ini kan termasuk generasi muda masa kini *halah* . Tapi beberapa kejadian seolah membuat kita harus percaya dengan mitos2 yang dikatakan orang tua :D

1 comment:

Pinkina said...

iyho mbak, nek masalah mitos ngunu kuwi serba salah. kate percoyo kok nemen men, jaman wes canggih jik percoyo ngunuan. Tp kl gak percaya kok yha kejadian /:)